• Breaking News

    Pejuang Pena

    Coretan seorang hamba al-Izzah

    Monday 31 October 2016

    Pesona Bunga di Jawa Tengah

    Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32. 548 km² , atau sekitar 28, 94 % dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusa Kambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.



    Provinsi Jawa Tengah memiliki pesona yang menawan. Mulai dari kawasan dataran rendah dimana terdapat berbagai pantai yang membentang. Kemudia daerah dataran tinggi yang disana tegap berdiri gunung-gunung yang menawan. Tak ketinggalan pula pesona lainnya, yakni daerah yang menjadi kawasan bungan yang elok dan mempesona. Berikut daerah-daerah yang menjadi icon wisata tersebut;
    1. Kopeng
                Desa Wisata Kopeng terletak di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Letak geografisnya berada di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong di ketinggian 1450 m dari permukaan laut. Menyajikan panorama yang memikat dalam nuansa alam pedesaan dipadu dengan keindahan hamparan tanaman bunga dan sayuran membentuk suasana asri nan menyejukkan.

                Nampak disepanjang jalan raya Salatiga menuju Magelang, berjajar bunga-bunganyang dijual oleh warga. Tak hanya bunga, namun juga tanaman hias lainnya dan juga buah-buahan serta sayur-mayur yang segar. Ditambah oleh pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi daerah ini, menjadikan mata kita semakin termanjakan dan tak bosan untuk memandanginya. Kawasan ini juga amat sejuk karena memang berada di kawasan dataran tinggi. Jalanan yang berkelak-kelok serta naik-turun menambah seru perjalanan menikmati panorama kawasan kopeng ini.

    2. Bandungan
                Bandungan merupakan salah satu daerah di kecamatan Ambarawa Semarang. Daerah ini berada di lereng gunung Ungaran.  Di kawasan ini banyak terdapat petani tanaman hias. Anda bisa melihat berbagai tanaman hiasa yang dibudidayakan disini. Hampir semua warga Bandungan memiliki kebun hias. Dengan banyaknya kebun hias tersebut menjadikan banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung kesini menikmati keindahan bunga-bunga tersebut.

    3. Magelang
                Kabupaten yang mempunyai julukan “kota seribu bunga” ini memiliki keunikan tersendiri. Akhir-akhir ini masyarakat dibuat kagum dengan keberadaan pohon yang berbunga layaknya bunga sakura di Jepang.

    Bunga tersebut berada di hampir setiap pinggir jalan kota sejuta bunga tersebut, tepatnya di Jalan Mayjend Bambang Soegeng No 1, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.
    Maka sekarang tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat penampakan bunga “sakura” ini. Mampir saja ke Magelang dan nikmati keindahan bunga mirip “sakura” ini.
    Tunggu apalagi, ayo ke Jawa Tengah dan nikmati “Surga Bunga” disini.

    4. Dieng
    Dataran tinggi Dieng memang terkenal keindahannya. Dataran tinggi Dieng ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga cantik, sebagian hidup dialam liar seperti di puncak Gunung, perbukitan, dan sekitar ladang pertanian. Ada juga jenis bunga yang segaja ditanam dan membutuhkan perawatan seperti bunga hortensia dan bunga mawar.
    Bunga hortensia banyak dijumpai disekitar obyek wisata Telaga Warna Dieng dan Kompleks Candi Arjuna Dieng, bunga ini sempat menjadi ciri khas obyek wisata Dieng, karena setiap wisatawan yang mengunjungi obyek wisata tersebut bisa dipastikan selalu menyempatkan mengambil foto bunga hortensia.


    Berbagai jenis bunga yang tumbuh di Dataran tinggi Dieng, memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya tumbuh secara berkelompok pada daerah tertentu.


    Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)


    WARNING !

    Konten blog ini masih banyak kekurangan.

    (Beberapa konten dari zaman SMA dulu, mohon maklum)

    Ambillah yang bermanfaat dan tinggalkan yang mafsadat serta syubhat.

    Semoga Arrohmaan menjaga, menunjuki dan mengampuni pemilik blog ini.

    Baarokallaahu fiikum.

    Ukhtukum Fillaah,

    Al-Qowarir Fidinillaah.

    Sahabat Blogger

    Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net