• Breaking News

    Pejuang Pena

    Coretan seorang hamba al-Izzah

    Tuesday 3 January 2012

    Aturan Islam Mengenai Pergaulan Ikhwan Akhwat

    1. Menjaga Pandangan

        QS. AnNuur:31-32:
        Katakanlah kepada laki-laki yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya ; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Allaah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat[31]. Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya.....[32].

         Tidaklah seorang muslim sedang melihat keindahan wanita kemudian ia menundukkan pandangannya, kecuali Allaah akan menggantinya dengan ibadah yang ia dapatkan kemanisannya[HR Ahmad].

    2.Menutup Aurot secara sempurna

        QS An-Nûr 31:
    "Dan katakanlah kpd para perempuan yg beriman agar mrk mjg pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan jgnlh menampakkan perhiasannya, kecuali yg(biasa) terlihat. Dan hndaklah mrk menutupkn kain kerudung ke dadanya, dan jgnlh menampakkan prhiasanya, kcuali kpd suami mrk, atau ayah mrk, atau ayah suami mrk, atau putra" mrk, atau putra" suami mrk, atau saudara" lk" mrk, atau putra" saudara lk" mrk, atau putra" saudara prmpuan mrk, atau para prmpuan mrk, atau hamba sahaya yg mrk miliki, atau para pelayan lk"(tua) yg tdk mpy keinginan, atau anak" yg blm mengerti ttg aurat prmpuan. Dan jgnlh mrk menghentakkan kakinya agar diketahui prhiasan yg mrk smbunyikn. Dan brtobatlh kmu smua kpd Allaah, wahai org" yg briman agr kmu beruntung.

         QS Al-Ahzab 59:
    "Wahai nabi! Katakanlah kpd istri2mu, anak2 prmpuanmu, dan istri2 org mukmin, "hendaklah mrk menutupkn jilbabnya keseluruh tubuh mrk." yg dmikian itu agar mrk lbh mudah utk dikenali shg mrk tdk diganggu. Dan Allaah maha pengampun, maha penyayang.
      menampakkan sesuatu dari dirin
    "Hai Asma', sesungguhnya perempuan itu apabila telah baligh, maka tidak patut menampakkan sesuatu dari dirinya kecualiini dan ini.(Rosulullaah berkata sambil menunjukkan kepada muka dan telapak tangan hingga pergelangannya sendiri)."[HR Abu Dawud dari 'Aisyah]

    ”Dari Abu sa’id RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : “Seorang laki-laki tidak boleh melihat aurat sesama lelaki, begitu pula seorang perempuan tidak boleh melihat aurat perempuan. Seorang laki-laki tidak boleh bersentuhan kulit sesama lelaki dalam satu selimut, begitu pula seorang perempuan tidak boleh bersentuhan kulit dengan sesama perempuan dalam satu selimut.” (HR. Muslim dikutip Imam Nawawi dalam Tarjamah Riyadhush Shalihin)
    3. Bagi wanita diperintahkan untuk tidak berlembut-lembut suara dihadapan laki-laki bukan mahram.

        QS. Al-Ahzab : 32,
     Wahai isteri-isteri Nabi! kamu tidak sperti perempuan-perempuanyang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk(melemahkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.

    4. Dilarang bagi wanita bepergian sendirian tanpa mahramnya sejauh perjalanan satu hari.

    “ Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Tidak halal bagi seorang perempuan yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk bepergian yang memakan waktu sehari semalam kecuali bersama mahramnya.” (HR. Bukhari Muslim dikutip Imam Nawawi dalam Tarjamah Riyadush Shalihin)

    5. Dilarang “berkhalwat” (berdua-duaan antara pria dan wanita)

    “Dari Ibnu Abbas RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : “janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian bersunyi-sunyi dengan perempuan, kecuali disertai muhrimnya.” (HR. Bukhari Muslim dikutip Imam Nawawi dalam Tarjamah Riyadush Shalihin)

    6. Laki-laki dilarang berhias menyerupai perempuan, juga sebaliknya.

    “Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata : “Rasulullah SAW melaknat kaum laki-laki yang suka menyerupai kaum wanita dan melaknat kaum wanita yang suka menyerupai kaum laki-laki.” (HR. Bukhari dikutip Imam Nawawi dalam Tarjamah Riyadush Shalihin)


         wallaahu a'lam bishshowab

    WARNING !

    Konten blog ini masih banyak kekurangan.

    (Beberapa konten dari zaman SMA dulu, mohon maklum)

    Ambillah yang bermanfaat dan tinggalkan yang mafsadat serta syubhat.

    Semoga Arrohmaan menjaga, menunjuki dan mengampuni pemilik blog ini.

    Baarokallaahu fiikum.

    Ukhtukum Fillaah,

    Al-Qowarir Fidinillaah.

    Sahabat Blogger

    Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net